Daftar Program Studi IPB

Prodi IPB -- Daftar Program Studi IPB, Nama-nama Program Studi di IPB Jenjang Diploma, Profesi, Spesialis, S1, S2, S3, Daftar Lengkap Jurusan/Prodi di IPB, Fakultas / Jurusan / Program Studi di IPB, Akreditasi Program Studi IPB, Daftar Prodi Institut Pertanian Bogor, IPB

Pada kesempatam ini admin akan memberikan informasi tentang Daftar Program Studi IPB. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat menambah wawasan anda tentang Program Studi yang ada di IPB. Mari simak informasinya berikut ini.

IPB atau Institut Pertanian Bogor adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Bogor Jawa Barat yang utamanya bergerak di bidang Pertanian.

Untuk jenjang pendidikan yang diselenggarakan di IPB terdiri dari jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Silahkan anda pilih jenjang pendidikan sesuai dengan diri anda.

Bagi anda yang ingin ahli dibidang Pertanian, maka anda bisa menuntut ilmu di kampus IPB. Daftarkan diri anda, iktui tes masuknya, dan jika lulus maka belajarlah di IPB.

Sebelum anda melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru IPB, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu daftar program studi yang ada di IPB karena dengan dengan begitu anda dapat memastikan bahwa program studi yang akan anda pilih ketika mendaftar ada di IPB. Berikut informasi selengkapnya untuk anda.

Daftar Fakultas dan Program Studi di IPB untuk jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana :

Fakultas dan Program Studi Program Diploma IPB
  • Terdiri dari Program Keahlian : Komunikasi, Ekowisata, Manajemen, Teknik Komputer, SJMP, Gizi, Teknik Industri Benih, Perikanan Budidaya, Manajemen Ternak, Manajemen Agribisnis, Program Diploma Manifaktur / Jasa, Analisis Kimia, Teknik Lingkungan, Akuntansi, Teknik Perkebunan, Produksi Pertanian, Perkebunan Kelapa Sawit.

Fakultas dan Program Studi Program Sarjana IPB
  • Fakultas Pertanian (FAPERTA) terdiri dari program studi Manajemen Sumberdaya Lahan, Agronomi Dan Hortikultura, Proteksi Tanaman, dan Arsitektur Lansekap.
  • Fakultas Kedokteran Hewan (Fkh) terdiri dari program studi Kedokteran Hewan.
  • Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan (FPIK) terdiri dari program studi Teknologi & Manajemen Perikanan Budidaya, Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknologi Hasil Perairan, Teknologi & Manajemen Perikanan Tangkap, dan Ilmu Dan Teknologi Kelautan.
  • Fakultas Peternakan (FAPET) terdiri dari program studi Teknologi Produksi Ternak, dan Nutrisi Dan Teknologi Pakan.
  • Fakultas Kehutanan (FAHUTAN) terdiri dari program studi Manajemen Hutan, Teknologi Hasil Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan& Ekowisata, dan Silvikultur.
  • Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) terdiri dari program studi Teknik Mesin Dan Biosistem, Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, dan Teknik Sipil Dan Lingkungan.
  • Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari program studi Statistika, Meteorologi Terapan, Biologi, Kimia, Matematika, Ilmu Komputer, Fisika, dan Biokimia.
  • Fakultas Ekonomi Dan Manajemen (FEM) terdiri dari program studi Ekonomi Dan Studi Pembangunan, Manajemen, Agribisnis, Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan, dan Ekonomi Syariah.
  • Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) terdiri dari program studi Ilmu Gizi, Ilmu Keluarga dan Konsumen, Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.
  • Sekolah Bisnis terdiri dari program studi Bisnis.

Fakultas dan Program Studi Program Pascasarjana IPB
  • Fakultas Pertanian terdiri dari program studi Ilmu Tanah (TNH), Agroteknologi Tanah (ATT), Mitigasi Bencana Kerusakan Lahan (MBK), Bioteknologi Tanah dan Lingkungan (BTL), Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), Ilmu Perencanaan Wilayah (PWL), Ilmu dan Teknologi Benih, Agronomi dan Hortikultura, Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman (PBT), Entomologi (ENT), Fitopatologi (FIT), dan Arsitektur Lanskap (ARL).
  • Fakultas Kedokteran Hewan terdiri dari program studi Anatomi dan perkembangan Hewan (APH) / Biologi Perkembangan (BPK), Ilmu-Ilmu Faal dan Khasiat Obat (IFO), Kesehatan Masyarakat Verteriner (KMV), Mikrobiologi Medik (MKM), Parasitologi dan Entomologi Kesehatan (PEK), Biologi Reproduksi (BRP), dan Ilmu Biomedis Hewan (IBH),
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan terdiri dari program studi Ilmu Akuakultur (AKU), Ilmu Kelautan (IKL), Teknologi Kelautan (TEK), Pengelolaan Sumberdaya Perairan (SDP), Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (SPL), Sistem dan Pemodelan Perikanan Tangkap (SPT), Teknologi Perikanan Tangkap (TPT), dan Teknologi Hasil Perairan (THP).
  • Fakultas Peternakan terdiri dari program studi Ilmu Nutrisi dan Pakan (INP), dan Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (ITP).
  • Fakultas Kehutanan terdiri dari program studi Ilmu dan Teknologi Hasil Hutan (THH), Rekayasa dan Peningkatan Mutu Hasil Hutan (RPM), Teknologi Serat dan Komposit (TSK), Konservasi Biodiversitas Tropika (KVT), Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan (MEJ), Ilmu Pengelolaan Hutan (IPH), dan Silvikultur Tropika (SVK).
  • Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari program studi Ilmu Pangan (IPN), Ilmu Keteknikan Pertanian (TEP), Teknik Mesin Pertanian dan Pangan (TMP), Teknologi Pascapanen (TPP), Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL), dan Teknologi Industri Pertanian (TIP)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari program studi Biokimia (BIK), Biologi Tumbuhan (BOT), Biosains Hewan (BSH), Mikrobiologi (MIK), Biofisika (FIS), Klimatologi Terapan (KLI), Ilmu Komputer (KOM), Kimia (KIM), Matematika Terapan (MAT), Statistika (STK), dan Statistika Terapan (STT)
  • Fakultas Ekonomi dan Manajemen terdiri dari program studi Ilmu Ekonomi (EKO), Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan (PWD), Ilmu Manajemen (MAN), Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL), Ekonomi Sumberdaya Kelautan Tropika (ESK), Ilmu Ekonomi Pertanian (EPN), dan Magister Sains Agribisnis (AGB)
  • Fakultas Ekologi Manusia terdiri dari program studi Ilmu Gizi Manusia (GMA), Ilmu Gizi Masyarakat (GMS), Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak (IKA), Ilmu Konsumen (IKO), Ilmu Penyuluhan Pembangunan (PPN), Komunikasi Pembangunan Pertanian Pedesaan (KMP), Sosial Pedesaan (SPD).
  • Program Multidisiplin terdiri dari program studi Bioteknologi (BTK), Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL), dan Primatologi (PRM).
  • Program Profesional terdiri dari program studi Magister Profesional Hortikultura, Magister Profesional Perbenihan, Magister Profesional Perkebunan, Magister Profesi Konservasi Keanekaragaman Hayati, Magister Profesional Industri Kecil dan Menengah, Magister Profesional Teknologi Pangan, Magister Teknologi dan Informasi untuk Perpustakaan, Magister Manajemen Pembangunan Daerah, Magister Profesional Pengembangan Masyarakat, Magister Manajemen Ketahanan Pangan, Program Manajemen dan Bisnis, dan Master of Science in Information Technology for Natural Resources Management.

Itulah Daftar Program Studi yang ada di IPB. Apabila nanti ada penambahan program studi baru maka dapat dilihat langsung di web resmi IPB.

Bagi yang berminat untuk kuliah di IPB, maka dapat membaca informasi selengkapnya pada artikel yang berjudul Pendaftaran IPB.

Demikianlah informasi tentang Daftar Program Studi IPB. Mudahn-mudahan informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Cukup sekian dan terima kasih.